Kenapa Ajeng begitu?
“Hahaha… cewek gendut nggak boleh masuk!”
“Ah, ajeng apaan sih! Cepet buka pintunya!”
“Nggak mau! Buka aja sendiri! Hahaha..!”
“Ih, Ajeng ngeselin banget! Cepet buka!”
“Hahaha…”
“Bibi, Ajeng nakal lagi nih ngunci pintu! Buka, bi pintunya!”
“Jangan, Bi biarin aja! Hahaha…”
“Bibi…!” (T_T)
Selalu saja seperti itu. Ajeng sering kali usil dengan kakaknya. Di rumah ini tidak pernah tidak ramai, pasti ada saja teriakan, tawa, tangisan atau kegaduhan yang lainnya dan semua itu karena adanya Ajeng. Dia lah anak bungsu saya yang usianya masih tiga setengah tahun. Ajeng termasuk anak yang aktif ada saja ulahnya belum lagi cara bicaranya, walaupun usianya masih terbilang sangat kecil bicaranya sudah sangat lancar bahkan terkadang dia bicara seperti orang dewasa tidak sesuai dengan umurnya. Entah kenapa bisa begitu mungkin karena usia kakanya yang terpaut jauh dengan dia. Jadi cara bicaranya suka tidak sesuai dengan umur. Ajeng memiliki dua orang kakak, kakak pertamanya Laras berusia enam belas tahun dan kakak keduanya Panji berusia lima belas tahun. Mereka lah dua rekan yang setia ribut dengan Ajeng.
Terkadang ajeng diajarkan hal-hal yang aneh oleh kakaknya seperti yang belum lama ini terjadi.
“Hei, Ajeng sini! Mau cokelat nggak?’’ panggil Laras mengalihkan perhatian Ajeng yang sedang bermain dengan krayonnya.
“Apa, Kak?”
“Besok kita mau ke Mall sama Bunda, tapi Kakak mau ngajarin Ajeng dulu, kalau Ajeng pinter nanti Kakak kasih cokelat, mau?
“Mau, aku mau cokelatnya!” Ajeng mengangguk lugu.
“Kakak mau ajarin Ajeng seandainya ajeng nyasar di Mall terus ada orang nannya nama Ajeng siapa, Ajeng jawab apa?
“Ajeng.”
“Terus orang itu nanya lagi Ajeng anaknya siapa, Ajeng jawab apa?
“Ajeng anak Bunda.”
“Jangan jawab Bunda! Jawab nama BUnda siapa?”
“Bunda…”
“Susilowati, jawabnya begitu! Biarpun nama Bunda Ajeng nggak keren kalo ditanya nama Bundanya siapa Ajeng jawab Susilowati, ngerti kan?”
“Susilowati, hehehe…”
“Bagus, bagus. Kalo ditanya Kakanya siapa, Ajeng jawab apa?”
“Kak Laras…”
“Jangan Kak Laras! Bilang Kakaknya Nikita Willy, jawab ya Nikita Willy! Oke, Kakak Tanya lagi Kakaknya namanya siapa?”
“Kaka Laras…”
“Ih, udah dibilangain jawabnya jangan Kak Laras! Jawabnya Nikita Willy!
Nggak jadi dikasih cokelat nih!”
“Iya, iya!!!”
“Ya udah Kakak tanya Ajeng lagi, nama Kakaknya siapa?”
“Laras gemuk.”
“Ah, Ajeng susah diajarin! Cokelatnya Kakak makan nih!”
“Nanti aku bilangin Bunda! Kata Bunda kita nggak boleh bohong, bohong kan dosa, nggak baik! Aku bilangin Bunda biar Besok Kak Laras nggak diajak ke Mall!”
“Yeee… biarin! Kakak makanlah cokelatnya. Ajeng nggak bakal dibagi!”
“Kak Laras bohong lagi! Katanya cokelatnya buat Ajeng!”
“Ini cokelat punya Kak Laras jadi terserah.”
“Aaahhh… itu cokelat Ajeng sekarang!”
“Nggak! Cokelatnya punya Kakak!”
“Kakak udah bohong! Cokelatnya jadi sekarang punya Ajeng!”
Mereka memperebutkan cokelat itu, Laras akhirnya memakan cokelatnya dan Ajeng pun menangis. Hanya karena masalah kecil yang dibuatnya pasti berakhir dengan tangisan Ajeng. Setiap hari selalu begitu , pusing juga sebenarnya menghadapi masalah seperti itu tapi sebagai seorang ibu, saya harus mampu menyelesaikannya, walau sejujurnya tingkah mereka selalu membuat pusing.
***
“Bunda, anak Bunda yang paling cantik sudah bangun nih!” seru Ajeng.
Setiap pagi saat bangun tidur Ajeng selalu berkata seperti itu. Dalam keadaan masih mengantuk dia berjalan sendiri membawa selimutnya kea rah meja makan.
“Ajeng udah bangun… semalam ngompol nggak?” Tanya ayah.
“Ajeng nggak ngompol kok, ini celana Ajeng nggak basah.”
“Ajeng kan pusernya waktu itu digigit capung jadi udah berhenti ngompol.” Sambung Panji.
“Ajeng cepat makan sarapannya setelah itu mandi sama Bibi ya.”
“Iya, Bunda tapi nanti beliin Ajeng buku gambar Sponge Bob abis pulang kerja.”
“Ajeng janji dulu hari ini nggak nakal, nanti baru Bunda beliin buku gambar Sponge Bob.”
“Janji . Ajeng nggak nakal kok.”
“Bohong, Ajeng setiap hari nakal tuh nangis melulu.” Sambung Laras tiba-tiba.
“Nggak, Bunda! Kak Laras yang nakal setiap hari makan biskuit sama minum susu aku terus, maknya Kak Laras gemuk.”
“Ajeng yang nakal suka coret-coret tembok.”
“Kak Laras nakal tidur siang melulu nggak pernah belajar.”
“Ajeng nakal susah disuruh mandi.”
“Ih, Kak Laras yang nakal!” jerit Ajeng mulai sedikit kesal.
“Hey, sudah-sudah nanti malah berantem! Laras, Panji cepat siap-siap berangkat sekolah liat sudah jam berapa! Ajeng cepat selesaikan sarapannya Bunda sama Ayah mau berangkat kerja, nanti jangan nakal sama Bibi harus nurut disuruh mandi!”
“Iya, Bunda Ajeng nurut sama Bibi.”
“Ajeng sarapannya jangan lupa dihabiskan, Ayah sama Bunda berangkat kerja dulu.”
“Iya, Ayah…” jawab Ajeng seraya mencium tangan.
“Berangkat dulu ya, Jeng! Cium tangan!” seru Panji.
“Kak Laras juga berangkat! Emang enak sendirian!” ejek Laras mengelus rambut Ajeng. “Ayo cium tangan!”
“Ueee…” bukannya mencium tangan Ajeng malah menjilat tangan Laras.
“Ajeng, apaan sih! Disuruh cium tangan malah ngejilat tangan!”
“Ajeng jangan nakal seperti itu dong. Nanti nggak jadi Bunda beliin buku gambar Sponge Bob lho.”
“Iya tuh jangan bunda beliin, Ajeng kan nakal.” tambah Laras.
“Sssttt.. Laras kamu diam dulu, kamu juga salah! Ajeng jangan seperti itu lagi ya, itu nggak sopan. Mengerti nggak?”
“Kak Laras tadi nakal.” Ungkap Ajeng polos.
“Tapi Ajeng nggak boleh begitu, itu perbuatan nggak baik. Ajeng ingat kan kalau perbuatan nggak baik nggak boleh dilakukan?”
“Aku ingat,Bunda tapi Kak Laras nakal.”
“Huuh… Ajeng kalau ada yang nakal sama Ajeng nggak boleh Ajeng balas dengan nakalin dia lagi. Ajeng kan anak baik, jadi jangan seperti tadi.”
“Ajeng tau, Bunda>” jawab Ajeng secara plols lagi, dengan nada bicara seperti orang dewasa tidak seperti umurnya. “Bunda berangkata keraja aja nanti terambat,”
“Bunda berangkat tapi cvium tangan Kak laras lagi yang benar!”
“Sini tangan Kak laras!” Pinta Ajeng.
“Nih cium tangan yang bener! Jangan dijiat!” seru Laras.
Ajeng menggenggam tangan Laras dan menciumnya.
“Udah kan BUnda, Ajeng nggak nakal lagi?” tanya Ajeng tersenyum.
“Nah kalo begini kan Ajeng udah nggak nakal lagi. Ajeng pintar mau nurut sama Bunda, nanti pasti Bunda beliin buku gambar Sponge Bob.
Ajeng tersenyum.
“Kalo Ajeng nakal jangan beliin apa-apa, Bun!” saran Laras.
“Ajeng harus jadi anak baik terus ys, jangan sekali-sekali nakal supaya Bunda mau beliin Ajeng buku gambar Sponge Bob.”
“Oke, Bunda saying.”
“Ajeng sini dulu Bunda mau cium sebelum berangkat kerja.”
Ajeng kembali tersentum.
“Bunda berangkat dulu,”
Seperti hari biasanya saya harus meninggalkan Ajeng setiap pagi untuk bekerja, demikian juga dengan ayahnya. Sementara kedua kakaknya juga harus pergi ke sekolah.
“Bunda buku gambar Sponge Bob jangan lupa!” seru Ajeng dari balik jendela.
Hanya dengan senyuman saya membalas seruan Ajeng lalu pergi menuju kantor. Saya adalah seorang ibu yang bekerja sebagai pegawai di sebuah Kantor Pos , yang unik pekerjaan suami juga sama dengan saya, namun kita tidak berda dalam satu kantor Pos yang sama. Jadi seperti inilah keadaannya setiap pagi hingga sore Ajeng harus ditinggalkan untuk bekerja.
Malam hari.
“Bunda tau nggak kalau warna merah dicorat-coret warna kuning nanti jadi warna jeruk?” Tanya Ajeng sambil mewarnai buku gambar Spogebob yang dimintanya tadi pagi.
“Bukan warna jeruk tapi warna orange, coba Ajeng bilang orange, orange !”
“Oren.” Ajeng menirukannya. “Tapi ini warna jeruk bunda yang ada di kulkas juga warna nya kaya gini...”
“Iya, warnanya jeruk kayak gini tapi jeruk itu bukan warna, jeruk itu nama buah yang bisa dimakan, kalau nama warnanya orange. “
“Oh, jadi ini warnanya oren, berarti kalau yang ini bukan warna cokelat dong, Bunda? Cokelat kan sama kayak jeruk bisa dimakan”
Astagfirullah ini kebiasaan Ajeng yang lumayan merepotkan dia terkadang bertanya tentang suatu hal yang bahkan jarang terpikirkan oleh banyak orang, contoh tentang warna cokelat tadi. Bingung harus jawab apa.
“Bukan begitu juga, Ajeng ! Ini namanya warna cokelat karena nama cokelat itu ada dua macam, cokelat untuk nama warna dan cokelat untuk nama makanan.”
“Kenapa begitu, Bunda?”
“Ya, memang sudah begitu .” jawab saya singkat. “Ajeng liat itu mewarnainya keluar garis!”
Begitulah jika saya mulai merasa bingung menjawab pertanyaan Ajeng, pasti saya alihkan perhatian ajeng ke hal lain nya.
“Kalau keluar garis Ajeng tinggal kasih warna crayon putih”
Ajeng perhatian nya langsung teralihkan.
Hanya di malam hari seperti ini lah ada waktu yang bisa dihabiskan bersama Ajeng, walau masih lelah seusai pulang bekerja rasanya jika bisa meluangkan waktu untuk Ajeng rasa lelah itu hilang tanpa sadar. Waktu seperti ini lah yang paling diimpikan, sebenarnya di hari libur kerja seperti minggu ada waktu yang bisa dihabiskan bersama Ajeng namun ada saja pekerjaan rumah yang harus dikerjakan di hari itu, jadi banyak waktu yang tersita . Karena itu waktu seperti ini harus dimanfaatkan secara semaksimal mungkin untuk Ajeng
***
“Bunda, Ajeng boleh beli permen? Permen yang nggak bikin batuk kok bunda..” tanya ajeng.
“Boleh, tapi nanti ya beli permennya kalau sudah di depan kasir.”
Sekarang tepat jadwal belanja bulanan, berhubungan hari minggu dan tidak ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, Ajeng saya ajak berbelanja ke Swalayan yang tidak jauh dari rumah. Awalnya saya ingin mengajak Laras dan Panji tapi mereka tidak mau dengan alasanya masing-masing, padahal jarang sekali ada waktu yang bisa dihabiskan bersama saya diluar rumah bersama mereka. Hanya Ajeng yang mau di ajak berbelanja, dia juga terlihat senang meskipun sesungguhnya lebih nyaman berbelanja tanpa
Ajeng, karena jika di ajak berbelanja ke swalayan Ajeng suka membuka kemasan makanan yang belum di bayar tapi sekarang sejak diberi tahu dia jarang melakukan hal itu, malah saat ini Ajeng menganggap berbelanja di Swalayan sebagai bermain, menggambil barang dari rak, meletakannya ke dalam keranjang dan membayarnya di depan kasir. Ajeng senang sekali mendengar bunyi ‘beeeep…’ saat bar out di kemasan masing-masing belanjaan menunjukan harganya di dalam monitor komputer kasir.
“Bunda, itu cokelat !” kata Ajeng menunjuk rak yang menjajarkan berbagai macam cokelat.
Ini hal yang gawat jika sampai Ajeng merengek minta cokelat, karena itu tidak baik untuk giginya . Ya , meski permen sebenernya tidak baik juga untuk gigi. Namun sebagai orangtua kita tidak bisa melarang keinginan anak, yang kita bisa hanya membatasinya.
“Eit, jangan makan cokelat tadi kan Ajeng sudah minta permen, nanti giginya ompong !”
“Aku juga tahu Bunda. Lagi juga cokelat nggak baik, bikin badan gendut karena lemaknya banyak.”
“Itu kata siapa ?”
“Kata Kak Laras…”
Mulai deh Ajeng bicara tidak sesuai umur, lagi-lagi dia mengadopsi kata-kata dari kakaknya. Memang lucu rasanya mendengar Ajeng berbicara seperti tadi namun jika terus dibiarkan tidak baik juga untuk perkembangan Ajeng. Nampaknya kedua kakaknya itu harus diberi tahu agar tidak bicara yang aneh-aneh jika sedang di depan adiknya, sudah seharusnya begitu.
“Bunda, itu susu Ajeng !” seru Ajeng lalu berlari kecil mengambil satu kotak kemasan susu FRISIAN FLAG rasa vanila yang telah dikenalnya.
“Iya Ajeng pintar, masukan kesini!”
“Ini bunda !” Ajeng memasukan kedalam keranjang belanja. “Oh ya, Bunda masih lama belanjanya?”
“Sedikit lagi, tinggal beli vitamin buat ajeng terus kita pulang.”
“Vitamin apa, Bunda ?”
“Vitamin ikan cod.”
“Nanti juga Bunda jangan lupa beliin Ajeng permennya, sebelum kita pulang.”
Selesai membeli vitamin kita segera pulang, Ajeng menggenggam permen yang dimintanya tadi. Dia terlihat senang sekali. Dasar anak-anak.
***
“Ayo Ajeng ini, huruf apa ?”
“Huruf…b !”
“Aduh bukan huruf b tapi yang benar itu d .”
Kelihatannya untuk anak seusia ajeng cukup sulit untuk membedakan huruf b dan d kecil.
“Kalau yang ini huruf apa ?
“Huruf…..A !” kali ini Ajeng menjawab dengan benar. Tapi memang huruf A saja yang baru lancar di hafalnya .
“Bunda lagi ngjarin Ajeng apa sih ? Tanya Laras tiba-tiba muncul. Dia penasaran dengan potongan-potongan karton bertuliskan berbagai huruf.
“Bunda lagi coba ngajarin ajeng baca sesuai metode glenn doman!”
“Hah? Glenn Delman?” ungkap Laras.
“Bukan Glenn Delman tapi Glenn Doman!”
“Glenn Doman? Siapa itu? Saudaranya Glenn Fredly yang mantan suaminya Dewi Sandra itu?”
“Ya ampun kenapa jadi nyambung ke Glenn Fredly ?! Glenn Doman itu ahli anak yang punya metode untuk menstimulasi kecerdasan otak anak, dia itu orang Amerika lho bukan orang Ambon kaya Glenn Fredly .”
“Ah , tapi kok dia nggak terkenal sih Bun ? Malah lebih terkenal Glenn Fredly.”
“Siapa bilang dia nggak terkenal ?! Dia sudah terkenal hampir di seluruh dunia, kamu aja yang nggak tahu. Makanya kalau browsing internet jangan buka facebook terus, sekali-sekali buka situs tentang pengetahuan ! Kamu Glenn Doman aja nggak tahu.”
“Namanya juga anak muda, Bun! Anak muda sekarang lagi keranjingan facebook, jadi wajar dong kalau ikut trend!” jelas Laras kemudian pergi masuk ke kamarnya.
“Ikut trend boleh, tapi yang positif! Supaya ada perkembangan pengetahuan!”
“Facebook juga trend positif! Dengan facebook teknologi komunikasi jadi lebih efisien, hemat waktu dan biaya!” seru laras dari balik kamar.
Kembali saya mengajarkan Ajeng.
“Ini huruf apa, Ajeng?”
“Huruf… A!” jawab Ajeng tanpa melihat kea rah huruf yang diberikan, dia malah asyik mewarnai.
“Bukan A, Ajeng tapi C! Ayo dong lihat kesini,”
Di butuhkan kesabaran untuk menerapkan metode Glenn doman ini, contoh seperti saat ini sulit sekali untuk membuat Ajeng berkonsentrasi, wajarlah anak kecil memang konsentrasinya mudah teralihkan.
“ Ayo, Ajeng ini huruf apa? ”
“Huruf A…! ” Lagi-lagi Ajeng menjawab A, padahal huruf yang diberikan B dan kembali dia tidak memperhatikan malah asyik dengan crayonnya, tapi sekali lagi, dibutuhkan sesabaran, dalam mengajarkan seorang anak memang tidak boleh dipaksa. Usahakan ciptakan suasana bermain dalam mengerjakannya.
Oh ya, pada dasarnya metode Glenn Doman adalah metode untuk mentsimulasi kecerdasan anak dengan menggunakan flash card, yang dimaksud flash card adalah kartu yang berisikan objek yang akan kita kenalkan kepada si anak, bisa berupa gambar, tulisan, huruf, warna atau yang lainnya. Glenn Doman menyimpulkan bahwa semakin dini seorang anak dikenalkan suatu objek, maka semakin mudah ia mengingat objek tersebut, begitu pun sebaliknya. Banyak hal yang bisa menstimulasi kecerdasan anak, seperti asupan makanan yang bergizi atau mainan edukasi yang dapat merangsang kecerdasan anak contoh seperti puzzle atau juga balok bongkar pasang, tapi metode flash card ini tidak ada salahnya bila dicoba, karena asupan makanan yang bergizi atau mainan edukasi telah saya berikan kepada Ajeng.
“Bibi…,Bi kesini sebentar! ” saya memanggil Bibi.
“Ia, Nyonya ada apa? ” tanya Bibi yang muncul dari dapur.
“Bibi sini duduk dulu, lihat apa yang saya ajarkan ke Ajeng,”
Selama beberapa menit Bibi memperhatikan.
“Nyonya lagi ngajarin Ajeng baca ya? Bukannya Ajeng masih tiga tahun, dia kan masih lama masuk sekolahnya? “
“Sebenarnya bukan ngajarin baca tapi Cuma mengenalkan huruf, Bi. Kalo saya di kantor Bibi bisa ngajarin kayak tadi? ”
“Bisa kok, kalo Cuma ngenalin huruf ke Ajeng Bibi bisa. “
“Tapi, Bi. Pas ngajarnya jangan dipaksa ya kalau Ajeng nggak mau. Anak kecil nggak baik kalau dipaksa, usahakan saja pas Bibi ngajarin Ajeng seperti main biasanya. “
“Beres, Nyonya besok saya mulai ngajarin Ajeng. “
Setelah Mendengar itu saya kembali mengajarkan Ajeng dengan diperhatikan Bibi.
“Ajeng lihat ke sini, ini huruf apa? “
“Huruf… D! ” Ajeng benar menjawab.
“Kalau ini huruf apa? ”
“Huruf…C! ” Ajeng salah menjawabnya padahal huruf yang diberikan sama, yaitu D. Huh,…Ajeng.
Bibi tertawa melihat hal itu.
Oke, mungkin tidk secepat itu keberhasilan metode ini dapat terlihat. Lagi pula ini kali pertama saya mengajarkan metode ini, Jadi kecil kemungkinan hasilnya bisa langsung terlihat. Banyak fakta yang mencreritakan tentang keberhasilan menstimulasikan otak anak dengan flash card. Anak-anak yang mengalami Autisme atau yang cedera otak setelah menerapkan metode Glenn Doman banyak dari mereka mengalami kemajuan yang signifkan, mereka bisa membaca atau menyebutkan nama suatu objek. Meski itu tidak sempurna tapi itu sangat luar biasa untuk anak seperti ini. Adapun cerita dari anak normal yang menerapkan metode ini hasilnya sangat luar biasa, ada dari mereka setelah menerapkan metode Glenn Doman dapat menghafal ratusan huruf kanji atau dapat menguasai bahasa asing dengan menggunakan flash cord. Itu sangat luar biasa dan pastinya butuh waktu untuk dapat mencapai hasil seperti contoh anak-anak tadi, butuh kesabaran. Yap, kota Roma juga tidak dibangun dalam waktu semalam, maka itu saya harus bersabar dalam mengajarkan Ajeng.
“Bunda, Ajeng ngantuk….gendong Ajeng ke kamar, Bun “ Pinta Ajeng.
“ Ya sudah sini Ajeng Bunda gendong, kasian anak Bunda sudah ngatuk.”
“Bunda dongengin Ajeng, ya! “ Pinta Ajeng namun segera terlelap dipangkuan saya.
“Bi, bagaimana ada kemajuan sama Ajeng? ”
“Kemajuan sih ada, Nyonya. Ajeng mulai hafal beberapa huruf, tapi Ajeng suka susah kalau diajarin dia berhiperaktif susah banget diam. ”
Sudah hampir satu minggu saya dan Bibi mengajarkan Ajeng dengan flash cord itu, Bibi di pagi hari dan saya di malam hari. Lagi-lagi konsentrasi lah yang mejadi masalah dalam mengajarkan Ajeng. Sesuai cerita Bibi, kemarin saat Ajeng diajari, dia malah berlari menangkap kucing lalu mewarnai tubuh kucing itu dengan…
“Hai, meong kamu mau lebih cantik nggak? Sini bulu kamu aku warnain warna merah, nanti cantik deh! Atau mau aku warnain warna Jeruk? “ ungkap Bibi menirukan kata-kata Ajeng.
Hari-hari sebelumnya juga begitu, Ajeng sulit berkonsentrasi dia malah nonton kartun Spongebob Squarepants kesayangannya saat diajarkan Bibi, begitulah Ajeng sulit sekali untuk berkonsentrasi.
Siang Hari.
Ajeng bermain di halaman depan rumah, dia terlihat sangat gembira berlari kesana-kemari dengan crayon ditangannya.
“Ajeng ke sini makan dulu, cuci tangan ya sebelum makan. Ingat kan kalalu abis main krayon harus cuci tangan?”
“Nggak mau, Bunda aja ke sini… Ajeng mau main di sini ..”
“Iya deh Bunda yang ke sana…”
“Suapin Ajeng Bunda, Ajeng nggak mau cuci tangan dulu ..
“Huh, Ajeng apan gedenya kalau terus disuapain..”
“Biarin,..” jawab Ajeng. “Bunda, Bunda itu huruf B!”
Ajeng berlari menunjuk nomor plat motor, yang disana tentu ada huruf B sebagai tanda nomor kendaraan Jakarta.
“Ajeng, sudah pintar nih bisa tau …”
“Iya dong …Ajeng emang pintar, Bunda!” Ajeng tetawa, lalu beralari lagi seusai melihat kucing. “Eh, meong sini ajeng warnain bulu-bulu kamu biar cantik kayak kemarin!”
Ajeng berlari mengejar kucing.
“Hai, Ajeng ke sini dulu, makannya belum selesai.”
Dengan kejadian huruf B tadi saya tertawa, rupanya Ajeng masih ada harapan untuk diajarkan meski sering sekali konsentrasinya teralihkan dengan hal lain saat diajarkan.
“Bunda, meongnya naik ke atas ganteng!” seru Ajeng.
***
“Bunda, kok ikan di kamar Ajeng nggak tidur sih? Kemarin waktu Ajeng tidur siang ikannya masih berenang, waktu Ajeng malam-malam tidur ikannya juga masih berenang, Bunda?” tanya Ajeng di dalam mobil saat di sebuah perjalanan.
“Bunda nggak tau, ikan tidur atau nggak, Ajeng.”
“Kemarin meong nakal nabrak akuarurum, ikan di kamar Ajeng jatoh terus meong gigit ikannya!”
“Bukan akuarurum tapi akuarium.
“Akuarurum.”
“Huh, akuarium… nanti bunda beli lagi ikan buat Ajeng ya,”
“Tapi kalau ikannya nakal lagi nggak mau tidur bisa digigit meong!”
“Ikannya tidur kok, cuma Ajeng nggak tau dia tidur, pas Ajeng tidur siang ikannya sebenarnya tidur tapi dia bangun duluan sebelum Ajeng bangun. Sama waktu malam-malam Ajeng tidur ikannya juga tdur tapi bangun duluan, makanya Ajeng nggak tau ikan itu tidur.”
“Oh, jadi begitu ya, Bunda! Aku baru tau! Nanti kalau Bunda liat ikannya lagi tidur bangunin Ajeng,” ungkap Ajeng dengan senyum senang, padahal teori tentang ikan itu tidur atau tidak hanya dikarang, karena saya benar-benar tidak tahu harus menjawab pertanyaan Ajeng itu. Maaf ya Ajeng…
“Bunda itu huruf O!” seru Ajeng melihat pamphlet besar di pinggir jalan.
“Bukan, Ajeng itu angka nol bukannya huruf O.”
“Tapi itu huruf O, Bunda,”
Saya hanya tersenyum, meski Ajeng salah saya tetap bangga ada sesuatu yang diingatnya dalam pengajaran pengenalan huruf selama ini kepadanya.
“Ajeng ngantuk?”
“”Iya, Bunda Ajeng ngantuk.”
Tidak lama Ajeng tertidur.
Seperti itulah figue saya sebagai seorang ibu dengan segala kekurangan dan kelebihannya, dan seperti itulah juga Ajeng. Saya tidak pernah berhenti berharap agar kecerdasan Ajeng terus berkembang, karena itulah yang diharapkan semua orangtua, namun yang lebih penting dari itu adalah biarkan anak-anak kita tumbuh cerdas tanpa paksaan, biarkan mereka tumbuh dengan tertawa dan berkata sesuai dengan apa yang ada di pikiran mereka, kareana itulah bentuk kegembiraan bagi anak-anak kita.
Salam Otaku! Please follow my blog, Arigatou!
BalasHapushttp://sora-schneider.blogspot.com/